Cara Mengamankan Apache dengan Let’s Encrypt pada Ubuntu 20.04

Pengantar

Let’s Encrypt adalah Otoritas Sertifikat (CA) yang memfasilitasi perolehan dan penginstalan sertifikat TLS/SSL gratis, yang dengan demikian mengaktifkan HTTPS terenkripsi pada server web. Ini menyederhanakan proses dengan menyediakan klien perangkat lunak, Certbot, yang berusaha mengotomatiskan sebagian besar (jika bukan semua) langkah yang diperlukan. Saat ini, seluruh proses memperoleh dan menginstal sertifikat secara sepenuhnya berjalan otomatis baik pada Apache dan Nginx.

Dalam panduan ini, kita akan menggunakan Certbot untuk memperoleh sertifikat SSL gratis untuk Apache pada Ubuntu 20.04, dan memastikan agar sertifikat ini disiapkan untuk diperbarui secara otomatis.

Tutorial ini menggunakan berkas hos virtual yang terpisah alih-alih berkas konfigurasi asali Apache untuk menyiapkan situs web yang akan diamankan dengan Let’s Encrypt. Kami menyarankan untuk menciptakan berkas hos virtual Apache yang baru untuk setiap domain yang dihos di server, karena ini membantu menghindari kesalahan umum dan mempertahankan berkas konfigurasi asali sebagai penyiapan fallback.

Prasyarat

Untuk mengikuti tutorial ini, Anda akan membutuhkan:

  • Satu server Ubuntu 20.04 yang disiapkan dengan mengikuti tutorial penyiapan server awal untuk Ubuntu 20.04 ini, termasuk satu pengguna non-root sudo dan satu firewall.

  • Nama domain yang terdaftar penuh. Tutorial ini akan menggunakan your_domain sebagai contoh di seluruh tulisan ini. Anda dapat membeli nama domain dari Namecheap, mendapat nama domain gratis di Freenom, atau menggunakan registrar domain pilihan Anda.

  • Kedua catatan DNS berikut disiapkan untuk server Anda. Anda dapat mengikuti pengantar DigitalOcean DNS ini untuk detail tentang cara menambahkannya.

    • Catatan A dengan your_domain yang mengarahkan ke alamat IP publik server Anda.
    • Catatan A dengan www.your_domain yang mengarahkan ke alamat IP publik server Anda.
  • Apache yang terinstal dengan mengikuti Cara Menginstal Apache pada Ubuntu 20.04. Pastikan Anda memiliki berkas hos virtual untuk domain Anda. Tutorial ini akan menggunakann /etc/apache2/sites-available/your_domain.conf sebagai contoh.

Langkah 1 — Menginstal Certbot

Untuk memperoleh sertifikat SSL dengan Let’s Encrypt, kita perlu menginstal perangkat lunak Certbot pada server Anda terlebih dahulu. Kita akan menggunakan repositori paket Ubuntu asali untuk itu.

Kita membutuhkan dua paket: certbot dan python3-certbot-apache. Paket yang disebut terakhir adalah plugin yang mengintegrasikan Certbot dengan Apache, yang memungkinkan kita untuk mengotomatiskan perolehan sertifikat dan mengonfigurasi HTTPS di dalam server web Anda dengan satu perintah.

  • sudo apt install certbot python3-certbot-apache

Anda juga akan diminta mengonfirmasi instalasi dengan menekan Y, lalu ENTER.

Certbot sekarang telah terinstal di server Anda. Pada langkah selanjutnya, kita akan memverifikasi konfigurasi Apache untuk memastikan hos virtual Anda telah disiapkan dengan benar. Ini akan memastikan bahwa skrip klien certbot akan mampu mendeteksi domain Anda dan mengonfigurasi ulang server web Anda untuk menggunakan sertifikat SSL yang baru saja dihasilkan secara otomatis.

Langkah 2 — Memeriksa Konfigurasi Hos Virtual Apache Anda

Agar dapat memperoleh dan mengonfigurasi SSL untuk server web Anda secara otomatis, Certbot perlu menemukan hos virtual yang benar yang ada di dalam berkas konfigurasi Apache Anda. Nama (atau nama-nama) domain server Anda akan diambil dari arahan ServerName dan ServerAlias yang ditetapkan di dalam blok konfigurasi VirtualHost Anda.

Jika Anda mengikuti langkah penyiapan hos virtual dalam tutorial instalasi Apache, Anda harusnya memiliki blok VirtualHost yang disiapkan untuk domain Anda di /etc/apache2/sites-available/your_domain.conf dengan arahan ServerName dan juga ServerAlias yang sudah diatur dengan benar.

Untuk memeriksa ini, buka berkas hos virtual untuk domain Anda dengan menggunakan nano atau editor teks yang Anda sukai:

  • sudo nano /etc/apache2/sites-available/your_domain.conf

Temukan baris ServerName dan ServerAlias yang sudah ada. Baris itu akan terlihat seperti ini:

/etc/apache2/sites-available/your_domain.conf

... ServerName your_domain ServerAlias www.your_domain ... 

Jika Anda telah menyiapkan ServerName dan ServerAlias seperti ini, Anda dapat keluar dari editor teks Anda dan melanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika Anda menggunakan nano, Anda dapat keluar dengan mengetik CTRL+X, lalu Y, dan ENTER untuk mengonfirmasi.

Jika konfigurasi hos virtual Anda saat ini tidak sesuai dengan contoh, perbaruilah supaya sesuai contoh. Setelah Anda selesai, simpan berkas itu dan keluar dari editor. Lalu, jalankan perintah berikut untuk memvalidasi perubahan Anda:

  • sudo apache2ctl configtest

Anda akan mendapat pesan Syntax OK sebagai respons. Jika Anda mendapat pesan kesalahan, buka kembali berkas host virtual dan periksa adanya kesalahan tik atau karakter yang hilang. Setelah sintaks berkas konfigurasi Anda benar, muat ulang Apache supaya perubahan itu diterapkan:

  • sudo systemctl reload apache2

Dengan perubahan ini, Certbot akan dapat menemukan blok VirtualHost yang benar dan memperbaruinya.

Selanjutnya, mari kita perbarui firewall untuk mengizinkan lalu lintas HTTPS.

Langkah 3 — Mengizinkan HTTPS Melewati Firewall

Jika firewall UFW Anda sudah diaktifkan, seperti yang disarankan oleh panduan prasyarat, Anda perlu menyesuaikan pengaturan untuk mengizinkan lalu lintas HTTPS. Setelah instalasi, Apache mendaftarkan beberapa profil aplikasi UFW yang berbeda. Kita dapat memanfaatkan profil Apache Full untuk mengizinkan baik lalu lintas HTTP dan HTTPS pada server Anda.

Untuk memverifikasi lalu lintas seperti apa yang diizinkan pada server Anda, Anda dapat menggunakan:

  • sudo ufw status

Jika Anda telah mengikuti salah satu panduan instalasi Apache kami, keluaran Anda akan terlihat seperti ini, yang berarti bahwa hanya lalu lintas HTTP pada porta 80 yang diizinkan untuk saat ini:

OutputStatus: active  To                         Action      From --                         ------      ---- OpenSSH                    ALLOW       Anywhere                   Apache                     ALLOW       Anywhere              OpenSSH (v6)               ALLOW       Anywhere (v6)              Apache (v6)                ALLOW       Anywhere (v6) 

Untuk menambah lalu lintas HTTPS masuk, izinkan profil “Apache Full” dan hapus profil “Apache” yang lewah lainnya:

  • sudo ufw allow 'Apache Full'
  • sudo ufw delete allow 'Apache'

Status Anda sekarang akan terlihat seperti ini:

  • sudo ufw status
OutputStatus: active  To                         Action      From --                         ------      ---- OpenSSH                    ALLOW       Anywhere                   Apache Full                ALLOW       Anywhere                   OpenSSH (v6)               ALLOW       Anywhere (v6)              Apache Full (v6)           ALLOW       Anywhere (v6)         

Anda sekarang siap untuk menjalankan Certbot dan memperoleh sertifikat Anda.

Langkah 4 — Memperoleh Sertifikat SSL

Certbot menyediakan berbagai cara untuk memperoleh sertifikat SSL melalui plugin. Plugin Apache akan menangani konfigurasi ulang Apache dan memuat ulang konfigurasi itu ketika diperlukan. Untuk menggunakan plugin ini, ketik yang berikut:

  • sudo certbot --apache

Skrip ini akan meminta Anda menjawab serangkaian pertanyaan untuk mengonfigurasi sertifikat SSL Anda. Pertama, skrip ini akan meminta alamat surel Anda yang valid. Surel ini akan digunakan untuk pemberitahuan pembaruan dan keamanan:

OutputSaving debug log to /var/log/letsencrypt/letsencrypt.log Plugins selected: Authenticator apache, Installer apache Enter email address (used for urgent renewal and security notices) (Enter 'c' to cancel): [email protected]_domain 

Setelah menyediakan alamat surel yang valid, tekan ENTER untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Anda kemudian akan diminta mengonfirmasi apakah Anda menyetujui ketentuan layanan dari Let’s Encrypt. Anda dapat mengonfirmasi dengan menekan A lalu ENTER:

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Please read the Terms of Service at https://letsencrypt.org/documents/LE-SA-v1.2-November-15-2017.pdf. You must agree in order to register with the ACME server at https://acme-v02.api.letsencrypt.org/directory - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - (A)gree/(C)ancel: A 

Selanjutnya, Anda akan ditanya apakah mau membagi surel Anda dengan Electronic Frontier Foundation untuk menerima berita dan informasi lainnya. Jika Anda tidak ingin berlangganan konten mereka, ketik N. Jika Anda mau, ketik Y. Lalu, tekan ENTER untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Would you be willing to share your email address with the Electronic Frontier Foundation, a founding partner of the Let's Encrypt project and the non-profit organization that develops Certbot? We'd like to send you email about our work encrypting the web, EFF news, campaigns, and ways to support digital freedom. - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - (Y)es/(N)o: N 

Langkah selanjutnya akan meminta Anda untuk menginformasikan Certbot terkait Anda ingin mengaktifkan HTTPS untuk domain yang mana. Nama-nama domain yang terdaftar secara otomatis diperoleh dari konfigurasi hos virtual Apache Anda, itu sebabnya penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki pengaturan ServerName dan ServerAlias yang dikonfigurasi dengan benar di dalam hos virtual Anda. Jika Anda ingin mengaktifkan HTTPS untuk semua nama domain yang terdaftar (disarankan), Anda dapat mengosongkan prompt itu dan tekan ENTER untuk melanjutkan. Jika tidak, pilih domain yang Anda ingin aktifkan HTTPS-nya dengan membuat daftar dari setiap nomor yang sesuai, yang dipisahkan dengan koma dan/atau spasi, lalu tekan ENTER.

Which names would you like to activate HTTPS for? - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - 1: your_domain 2: www.your_domain - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Select the appropriate numbers separated by commas and/or spaces, or leave input blank to select all options shown (Enter 'c' to cancel): 

Anda akan melihat keluaran seperti ini:

Obtaining a new certificate Performing the following challenges: http-01 challenge for your_domain http-01 challenge for www.your_domain Enabled Apache rewrite module Waiting for verification... Cleaning up challenges Created an SSL vhost at /etc/apache2/sites-available/your_domain-le-ssl.conf Enabled Apache socache_shmcb module Enabled Apache ssl module Deploying Certificate to VirtualHost /etc/apache2/sites-available/your_domain-le-ssl.conf Enabling available site: /etc/apache2/sites-available/your_domain-le-ssl.conf Deploying Certificate to VirtualHost /etc/apache2/sites-available/your_domain-le-ssl.conf 

Selanjutnya, Anda akan diminta memilih apakah Anda ingin lalu lintas HTTP dialihkan ke HTTPS atau tidak. Dalam praktiknya, itu berarti saat seseorang mengunjungi situs web Anda melalui saluran yang tidak terenkripsi (HTTP), dia akan secara otomatis dialihkan ke alamat HTTPS dari situs web Anda. Pilih 2 untuk mengaktifkan pengalihan, atau 1 jika Anda ingin mempertahankan baik HTTP dan HTTPS sebagai metode yang terpisah untuk mengakses situs web Anda.

Please choose whether or not to redirect HTTP traffic to HTTPS, removing HTTP access. - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - 1: No redirect - Make no further changes to the webserver configuration. 2: Redirect - Make all requests redirect to secure HTTPS access. Choose this for new sites, or if you're confident your site works on HTTPS. You can undo this change by editing your web server's configuration. - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Select the appropriate number [1-2] then [enter] (press 'c' to cancel): 2  

Setelah langkah ini, konfigurasi Certbot selesai, dan Anda akan melihat catatan terakhir tentang sertifikat baru Anda, di mana Anda dapat menemukan berkas yang dihasilkan, dan bagaimana cara menguji konfigurasi Anda dengan menggunakan alat eksternal yang menganalisis keaslian sertifikat Anda:

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Congratulations! You have successfully enabled https://your_domain and https://www.your_domain  You should test your configuration at: https://www.ssllabs.com/ssltest/analyze.html?d=your_domain https://www.ssllabs.com/ssltest/analyze.html?d=www.your_domain - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -  IMPORTANT NOTES:  - Congratulations! Your certificate and chain have been saved at:    /etc/letsencrypt/live/your_domain/fullchain.pem    Your key file has been saved at:    /etc/letsencrypt/live/your_domain/privkey.pem    Your cert will expire on 2020-07-27. To obtain a new or tweaked    version of this certificate in the future, simply run certbot again    with the "certonly" option. To non-interactively renew *all* of    your certificates, run "certbot renew"  - Your account credentials have been saved in your Certbot    configuration directory at /etc/letsencrypt. You should make a    secure backup of this folder now. This configuration directory will    also contain certificates and private keys obtained by Certbot so    making regular backups of this folder is ideal.  - If you like Certbot, please consider supporting our work by:     Donating to ISRG / Let's Encrypt:   https://letsencrypt.org/donate    Donating to EFF:                    https://eff.org/donate-le  

Sertifikat Anda sekarang sudah terinstal dan dimuat ke konfigurasi Apache. Coba muat ulang situs Anda dengan menggunakan https:// dan perhatikan indikator keamanan di peramban Anda. Peramban akan menunjukkan bahwa situs Anda sudah diamankan dengan benar, biasanya dengan adanya ikon kunci di dalam bilah alamat.

Anda dapat menggunakan SSL Labs Server Test untuk memverifikasi nilai sertifikat Anda dan memperoleh informasi mendetail tentang hal itu, dari sudut pandang layanan eksternal.

Di langkah selanjutnya yang juga merupakan langkah terakhir, kita akan menguji fitur pembaruan otomatis Certbot, yang menjamin bahwa sertifikat Anda akan diperbarui secara otomatis sebelum tanggal kedaluwarsa.

Langkah 5 — Memverifikasi Pembaruan Otomatis Certbot

Sertifikat Let’s Encrypt hanya berlaku selama 90 hari. Kebijakan ini diterapkan untuk mendorong pengguna supaya mengotomatiskan proses pembaruan sertifikatnya, serta memastikan bahwa sertifikat yang disalahgunakan atau kunci yang dicari akan kedaluwarsa lebih cepat daripada seharusnya.

Paket certbot yang kita instal menangani pembaruan dengan memasukkan skrip pembaruan ke /etc/cron.d, yang dikelola oleh layanan systemctl yang bernama certbot.timer. Skrip ini berjalan dua kali sehari dan secara otomatis memperbarui sertifikat apa pun yang berada dalam waktu 30 hari dari tanggal kedaluwarsa.

Untuk memeriksa status layanan ini dan memastikan bahwa layanan sudah aktif dan berjalan, Anda dapat menggunakan:

  • sudo systemctl status certbot.timer

Anda akan medapat keluaran yang mirip dengan ini:

Output● certbot.timer - Run certbot twice daily      Loaded: loaded (/lib/systemd/system/certbot.timer; enabled; vendor preset: enabled)      Active: active (waiting) since Tue 2020-04-28 17:57:48 UTC; 17h ago     Trigger: Wed 2020-04-29 23:50:31 UTC; 12h left    Triggers: ● certbot.service  Apr 28 17:57:48 fine-turtle systemd[1]: Started Run certbot twice daily. 

Untuk menguji proses pembaruan, Anda dapat melakukan uji coba dengan certbot:

  • sudo certbot renew --dry-run

Jika Anda tidak melihat kesalahan, maka Anda sudah siap. Ketika diperlukan, Certbot akan memperbarui sertifikat Anda dan memuat ulang Apache untuk menerapkan perubahan itu. Jika proses pembaruan otomatis itu terus-menerus gagal, Let’s Encrypt akan mengirim pesan ke surel yang Anda tentukan, memperingatkan Anda saat sertifikat Anda akan berakhir.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda telah menginstal certbot klien Let’s Encrypt, mengonfigurasi dan menginstal sertifikat SSL untuk domain Anda, dan mengonfirmasi bahwa layanan pembaruan otomatis Certbot sudah aktif di dalam systemctl. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cara menggunakan Certbot, dokumentasi mereka adalah tempat yang baik untuk memulai.